Sunday, January 9, 2011

Klappertaart (Coconut Pudding) - Sauce style



Aha! Klappertaart! Hmm....
I don't think I can say klappertaart without drooling, haha!
Klappertaart yang merupakan makanan khas Manado ini jelas punya pengaruh Londo alias Belandanya ya. Klappertaart sebetulnya masuk ke jenis puding-pudingan(pudding) bagi orang bule. Tapi sebetulnya Klappertaart ini bahan dasarnya vla bagi orang Indonesia. Tapi ya vla=puding. Cuma saja kalau orang Indonesia kebanyakan tahunya yang namanya puding itu ya, agar-agar, hehe.
Anyway, I looooove Klappertaart! Dulu sering kali kesukaanku pada Klappertaart terhambat dengan harganya. Dasar pelit ya?
Setelah akhirnya iseng mau lihat bahan-bahan Klappertaart di resep, aku berpikir bahwa ini nggak lebih susah dari pada bikin vla agar-agar. Puding agar-agar dan vla-nya merupakan salah satu makanan yang pertama-tama kubuat sejak SMA, and quite mastering it. Bukan mau nyombong sih, bagiku tuh bisa bikin puding dulu udah bagus banget lho.
Nah, resep Klappertaart ini merupakan setengah resep yang baaaanyak beredar luas di internet. Just google 'Klappertaart Wilton', and voila, you'll got plenty of them!
Bedanya, aku mengurangi jumlah gulanya, skip the custard flour, dan menukar 100cc susu dengan air kelapa. Maksudnya sih, biar 'ngelapa' banget gitu. But, I think it works well.

But again! I forgot the flour again! Kali ini lupa terigunya untuk si topping. Oh nevermind! Bwahaha! Dear God.... -__-"

Sebetulnya ini 2nd attempt. I forgot to add flour on my 1st attempt, hehe.
My parents and my hubby love this. I'm so glad that I finally can make something that they actually can ask for more! Asyiknya lagi, aku sekarang bisa bikin Klappertaart kapanpun kumau.

For a note, Hubby ku suka banget dengan tekstur klappie ini yang mirip sauce, alias agak cair. Sedangkan Abi berharap klappie-nya lebih mirip caramel pudding, lebih set tapi masih gleyer-gleyer(bahasa yang benernya apa yak??). Lain lagi Umi yang lebih suka klappie kering yang bisa dipotong. Mungkin kapan-kapan aku coba membuat klappie dengan tekstur yang berbeda untuk 'memenuhi permintaan customer', hehe.

So this is it. My sort of way of klappertaart. Enjoy!

Klappertaart

Bahan:
400 cc susu(devide it into 300cc and 100cc)
100 cc air kelapa
100 gr gula pasir
25 gr tepung terigu
50 gr maizena
75 gr mentega
3 btr kuning telur
2 btr kelapa muda
1/4 sdt kayu manis bubuk
kenari panggang cincang secukupnya

Topping:
3 btr putih telur
3 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu
kayu manis bubuk
Kenari panggang cincang secukupnya

Cara membuat:
- Panaskan 300cc fresh milk dan gula pasir.
- Larutkan tepung terigu dan maizena dengan 100 cc susu.
- Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
- Masukkan kayu manis bubuk
- Masukkan kuning telur satu persatu
- Masukkan air kelapa, aduk rata.
- Masukkan daging kelapa muda, aduk rata.
- Masukkan adonan kedalam cup atau pinggan tahan panas. Bakar dengan cara au ban marie selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.
- Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula.
- Semprotkan toping keatas adonan yang telah dipanggang, taburi dengan kenari dan kayu manis bubuk.
- Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

No comments:

Post a Comment