Thursday, June 16, 2011

Lapis Beras Pandan Suji


Love this!
Sebetulnya minggu lalu aku membuat kue pepe(kue Betawi), cuma ngga sempat didokumentasikan. Karena senang dengan hasil kue lapis tapioka/sagu tersebut, aku jadi terinspirasi membuat kue tradisional lainnya.
Di lemari kebetulan aku ternyata punya cukup banyak tepung beras. Jadi ingat Mamah suka memesan Kue Lapis Beras ini dari tetangga.
Setelah semedi sebentar dengan Mbah Google, aku menemukan dua resep ini(resep NCC di blognya mbak Hesti) dan itu(resep Femina di blognya mbak Lukie). Thanks to them ;) Setelah semedi selesai, aku memutuskan untuk sedikit menggabungkan keduanya. Aku masih ingin menggunakan pewarna alami, tapi dengan cara yang lebih simple. Caranya di bawah ini, mudah-mudahan dapat dipahami ya :)
Untuk pewarna dan perasa aku gunakan pandan, suji dan daun jeruk. Sayangnya daun jeruknya yang ada di rumah cuma sedikit. Tapi nggak apa-apa, pakai sajalah! Lalu aku menggunakan 4 lembar daun pandan saja, dan itu sudah cukup terasa aromanya sampai saat gigitan pun. Sedangkan daun suji aku hanya memakai 20 lembar, karena nggak tega merontokkan terlalu banyak daun dari si pohon :P Hasil warnanya seperti di foto ya, hijau alami.
Aku membuat kue ini malam-malam. Aku pakaikan dulu anak-anak piyamanya, dan kutempatkan di pos masing-masing (hehe). Setelah itu kutinggal sebentar untuk memanaskan santan. Baru kemudian aku menemani si Dede tidur.
Setelah Dede tidur barulah aku kembali ke dapur untuk menyelesaikan kuenya. Sambil membuat kue lapis per lapis, aku bisa merapikan rumah(yang mirip kapal induk pecah!) dan mencuci piring. Sempat juga makan mie instan sekalian sahur buat puasa keesokannya. Begitu selesai baru aku tidur. Setelah shalat Subuh baru aku potong-potong kuenya. Enak banget memotongnya, gampang!
Dede bangun dan seperti biasa memeriksa meja makan. Barusan dia sudah menghabiskan dua potong kue.
Puas deh, bisa bikin kue yang dijual tukang-tukang kue. Rasanya ketagihan bikin kue-kue tradisional. Sensasinya beda sama bikin cake. Apa aku lagi bosan aja sama cake ya? ;)



Lapis Beras Pandan Suji

Bahan :
250 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka
300 gr gula pasir
1 liter santan
4 lbr daun pandan
20 lbr daun suji
3 lembar daun jeruk purut, sobek bagian tulangnya
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Masak santan, daun jeruk, 3 lembar daun pandan dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat, sisihkan.
- Ambil dua cup santan tadi dan bagilah ke dalam dua mangkuk berbeda. Maka kita mendapatkan 3 mangkuk santan: 1 bagian besar santan, dan 2 bagian santan masing-masing sejumlah 1 cup.
- Masukkan daun suji dan selembar daun pandan ke dalam blender bersama satu cup santan. Blender. Saring dan peras, hingga mendapatkan satu cup santan berwarna hijau. Sisihkan.
- Taruh di wadah, tepung beras, tepung sagu, gula pasir, aduk rata, tuangi bagian besar santan sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni hingga menjadi adonan yang encer. Saring bila perlu.
- Bagi dua adonan encer ini ke dalam dua mangkuk santan yang berwarna putih dan berwarna hijau. Aduk rata adonan dan santan di masing-masing mangkuk.
- Panaskan dandang hingga airnya mendidih. Kecilkan api.
- Siapkan loyang 20x20, poles minyak sayur tipis-tipis.
- Tuang adonan putih dan hijau bergantian hingga terbentuk lapisan-lapisan. Kukus tiap lapisan 5-10 menit.
- Gunakan sendok sayur yg sama untuk menyendok adonan hijau dan putih.
- Ulangi terus sampai adonan habis, terakhir kukus 20 menit.
- Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong-potong dengan menggunakan pisau yang dilapis plastik.


6 comments:

  1. Blognya indah dan informatif Nitaa.....
    salam kenal...aku lagi jalan2 sambil berkhayal di blog mu.....

    ReplyDelete
  2. waduuu mbak nicke yg rajin laporan di milis itu dateng jg ke blogku hihi.. makasih ya mbak. aku jg mau mampir ke blog mbak nicke ahhhh ^^

    ReplyDelete
  3. Nice blog Mbak Nita.
    banyak info2 berguna.
    Sukses yah buat homemades.

    ReplyDelete
  4. alo mbak Tira, makasih udah mampir ya ^^

    ReplyDelete
  5. Wow lihat penampakan kue lapisnya mbk Nita bikin ngiler ni mbk...kayaknya wajib dieksekusi deh...trims ilmunya mbk

    ReplyDelete
  6. Terimakasih bun untuk ulasa. Reaep² cara buat kueh lapis yg simpel

    ReplyDelete