Monday, January 31, 2011

Roti Gulung Isi


Dede penasaran


Lagi pengen balik berkreatifitas membuat makanan untuk Abang dan Dede. Selain itu, ada sisa daging cincang dan ikan di kulkas. Aku memutuskan pakai daging cincangnya dulu karena sudah lebih lama disimpan. Karena kemarin habis beli roti gandum tawar, pikir-pikir... Marilah bikin roti goreng isi.
Setelah mengintip buku Pak Wied, Buku Pintar Menu Balita 30 Hari, ternyata resepnya cukup sederhana. Alhamdulillah Ummi menyimpan frozen mix veggie, jadi bisa mempersingkat waktu membuat makanan ini. To be honest, this was not really a total good morning, haha! I missed to wake my hubby up, so he was a bit late to go to work. Masalahnya sedikit telat bangun bisa menyebabkan banyak telat sampai di kantor. You know, Jakarta. Sigh! Terus eike kena tegor beliau dwehhh... Salahku juga sih, matiin alarmnya.
Anyway, aku membuat roti ini nggak selengkap resepnya. Alasannya adalah karena: 1. Malas, 2. Bahannya memang nggak ada. Karena Malas, maka nggak pakai tepung panir, cukup telur kocok saja, jadi seperti sosis solo. Seledri juga nggak pakai, karena nggak sedia di rumah.
Yoweis, show must go on!
Aku membuat ini untuk sarapan anak-anakku. InsyaAllah sudah lumayan lengkap ya gizinya dalam satu potong. Rasanya aku akan membuat lagi untuk bekal kapan-kapan.

Aku akan posting resep yang sudah kubuat saja ya..


Roti Gulung Isi

Bahan:
4 lembar roti gandum tawar, pipihkan (using hand is fine!)
minyak goreng secukupnya

Isi:
50gr daging sapi cincang
3 sdm frozen mix vegetables (or any veggie is good)
2 siung bawang merah, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
sedikit air
2 sdm susu cair (dalam resep asli nggak pakai sih)
garam
gula
lada halus
biji pala halus
1/2 sdm terigu, larutkan dengan 2 sdm air

Pelapis:
1 btr telur, dikocok
(dalam resep asli juga menggunakan tepung terigu dan tepung panir)

Cara membuat:

- Isi: Tumis bawang merah, bawang putih dengan 1 sdm minyak hingga harum, masukkan daging dan sayuran, aduk hingga kaku. Tambahkan air, gula pasir, garam, lada, biji pala, dan susu, masak hingga daging matang dan air kesat. Masukkan larutan terigu, aduk hingga mengental. Angkat.
- Oleskan isi merata diatas roti. Gulung sambil padatkan, kunci dengan 2 buah tusuk gigi agar gulungan tidak terbuka bila perlu. (aku nggak punya tusuk gigi, tapi tanpanya ternyata bisa juga)
- Panaskan minyak.
- Celupkan roti ke dalam telur kocok. Goreng roti ke dalam minyak sampai kecoklatan.
- Angkat. Tiriskan. Hidangkan.

2 comments:

  1. hihihii...sama doooong kemaren saya juga abis buat roti gulung...cuman isinya simple banget...lagi males masak soale :):)

    ReplyDelete
  2. heeeheee mbak bikinnya isi apa? pengen nyontek dong :p

    ReplyDelete