Wednesday, December 2, 2009

Cups 'n Spoons

Aku tuh paling maleeeees banget kalau mau bikin apa-apa harus nimbang dulu. Masalahnya, timbangan punya nyokap meski bentuknya masih bagus tapi saking analognya, kesenggol dikit langsung berubah. Uh!
Nah, makanya aku juga paling bete ngeliat resep yang ukurannya di bawah 100 gram. Ya please gitu lowhh, kan dikit banget. Pakai ukuran sendok aja ngapah??
Majalah Sedap tuh yang suka kayak gitu. Bagus-bagus sih, kayaknya resep-resepnya. Tapi kalau harus mengukur sesuatu sejumlah 15 gram, weleh-weleh. Aku juga yakin sih, kebanyakan resep sebetulnya kalau ukurannya meleset sedikit dari resep, misalnya beda segram gitu, juga nggak ngepek!
Enaknya sih, mungkin kalau punya timbangan digital ya. Tapi belum ada dana, euy. Harganya kan di atas seratus ribu.
Ah, aku mah nggak suka kegedean modal daripada usahanya. Ingat MacGyver yang selalu bisa melakkukan sesuatu dengan 'modal' apa adanya.
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan tanpa timbangan digital. Pertama, google it! Cari konversi gram ke sendok teh atau sendok makan. Caranya yang gampang, dengan mengisi kolom search-nya Google dengan kata, misalnya "15 gram to tablespoon". Biasanya keluar tuh, yang mendekati yang kita mau. Konversi per-masakan sebetulnya cukup banyak. Bisa juga Google dengan kata kunci "cooking conversion". Bisa juga mendapatkan widget gratis kayak Culiverter yang ada di blog-ku ini lho!

Kedua, cari resep yang menggunakan takaran cup. Biasanya resep-resep Amerika tuh yang punya ukuran cup. Nah, berapakah satu cup itu? Mau nggak mau beli juga serenceng alat, namanya cups. Waktu itu aku beli di Carrefour. Harganya jelas lebih murah daripada timbangan digital, cuma sekitar duapuluhribuan. Very useful.
Ini ya, penampakannya.


Ukuran yang lain di resep yang menggunakan ukuran cup biasanya juga nggak begitu detail seperti gram-graman. Biasanya ada teaspoon(tsp) atau tablespoon(tbs). Sendok pasti punya dong? Tapi, aku iseng aja mau melengkapi, jadi sempat juga beli serenceng spoons ukuran, yang penampakannya seperti di bawah ini.

Kesannya ada beberapa sendok yang isinya bisa memuat lebih banyak daripada sendok biasa. Yea, mungkin juga spoons ukuran ini pakainya ukuran sendok 'munjung' ya? Hehe... (Udah dibeli nggak mau merasa rugi aja...).

Oiya, ada satu lagi cara mengukur bahan tanpa timbangan, terutama untuk mentega dan keju. Kalau menggunakan mentega kan, biaasanya batangan (misalnya Orchid, atau Anchor). Nah, mereka sebetulnya ada juga yang memberi tanda garis di kemasan foil-nya di mana kita bisa memotong saja sesuai ukuran yang kita inginkan. Selain itu, pada keju yang biasanya ukurannya 180 gram per batang, dikira-kira saja pemakaiannya. Kalau butuh 60 gram kan, berarti 1/3 batang. Kalau perlu 100 gram, ya berarti setengah batang lebih sedikit. Ya... emang ilmu sesat sih, tapi daripada mesti heboh nyari timbangan dulu? Kuenya malah nggak jadi-jadi.
Well, it helps me, I hope it helps somebody too.
^__^

No comments:

Post a Comment