Friday, July 23, 2010

Bola-bola Tempe



Hm.. tempe lagi.
Padahal, kecuali mendoan, tempe bukan makanan favoritku lho. Mungkin aku masih terbawa suasana aja gara-gara habis bikin tempe mendoan waktu itu.
Terinspirasi oleh resep perkedel tempe di salah satu tabloid juga, maka aku buat bola-bola tempe ini untuk cemilan anak-anak. Bumbunya masih mirip bumbu mendoan, karena masih terngiang-ngiang, haha! Halahh! Aku tambahkan daun sawi hijau untuk tambahan gizi. Tapi, mungkin lain kali aku coba dengan daun atau sayur lain. Soalnya menurut si nggak suka sayur alias ayah, sawi itu agak pahit.
Si dedek, seperti biasa, langsung makan. Sementara abang tadinya makan setengah, tapi habis itu bilang "nda enak" lalu menaruh setengah bola tempe ke piring. Tapi setelah dede berhenti makan di paruh bola kedua, abang mengambilnya dan bilang "abang emam" dan menghabiskan si bola tempe. Hihi..

Anyway, mari kita lihat resepnya.

Bola-bola tempe

Bahan
1 bata tempe, kukus
2 lembar daun sawi hijau, buang batangnya(atau sayur apa saja), iris halus
1 butir telur
2 sdm tepung beras
1 batang daun bawang, iris halus
garam
minyak untuk menggoreng

Bumbu:
1 siung bawang putih
2-3 siung bawang merah
1/2 sdt ketumbar halus
1 cm kencur

Cara membuat:
- Haluskan bumbu
- Aduk semua bahan jadi satu.
- Bentuk bola-bola sebesar bola bekel.
- Goreng hingga matang. Tiriskan dari minyak. Hidangkan.

*Aku lupa jadinya berapa buah. Tapi nggak banyaklah. Aku nggak pernah bikin makanan jumlahnya banyak, takut gagal, hehe.

Goodluck!

No comments:

Post a Comment