Monday, July 12, 2010

Macaroni Goreng

Alo!

Pernah punya buku resep yang busuk sebusuk-busuknya?
Mamahku punya. Bahkan bukan cuma satu.
Tapi buku besar resepnya yang paling kuingat, dan masih ada sampai sekarang, adalah kumpulan kliping resep-resep dari majalah dan tabloid. Ada satu buku kliping terlama, dari sejak aku SD buku itu sudah ada. Kumpulan kliping itu sampulnya karton merah dibundel di sisinya dengan lakban hitam. Suatu hari nanti kutunjukkan juga ya.
Buku kliping yang kedua sudah rancu kepemilikannya. Buku itu sebetulnya tugas dari mata pelajaran tata boga-ku sewaktu SMP. Tapi dulu aku memang nggak terlalu kreatif ya, mungkin bukuku ini termasuk yang paling jelek sekelas. Bikinnya buru-buru, karena aku menganggap enteng waktu. Kliping resepnya pun banyak yang berupa fotokopian, karena kayaknya nggak tega juga kalau harus memotong halaman dari majalah yang masih bagus.
Setelah buku ini jadi, buku ini lama sekali terabaikan. Bahkan bertahun-tahun nyaris tak tersentuh. Setelah ditemukan lagi, ternyata ada juga beberapa resep yang dimanfaatkan Mamah dan dicoba buat olehnya. Salah satunya si Macaroni Goreng ini.
Sejak dicoba untuk pertama kalinya, resep ini cukup sering juga dibuat baik untuk sarapan maupun untuk berbuka puasa. Makanan ini praktis, enak dan lengkap gizi. Cuma sayangnya di kliping ini nggak tercantum nama majalahnya. Siapa sih yang ngliping?? Payah deh! Oh... itu kan aku sendiri yang buat -__-"
Kebetulan setelah lama vacuum di milis NCC, bahkan emailnya kubuat 'digest', pas buka ternyata aku sedang ada di penghujung Pasta Week. "Week-week-an" ini adalah event online agar anggota milis membuat makanan dengan tema tertentu. Kali ini membuat makanan dari pasta.
Langsung jadi pengen ikutan. Tapi karena waktunya mepet-surepet, yang langsung terpikir ya, resep ini. Macaroni Goreng ini menurutku fusion antara Italia dan Asia. Meskipun semua bahannya hampir sama dengan membuat pasta a la Bolognaise, tapi cara membuatnya dengan ditumis (stir-fry), yang merupakan kekhasan masakan-masakan Asia. Belum lagi taburan bawang goreng di atas pastanya sebelum dinikmati. Lebih enak lagi dimakan dengan saus sambal. Yum...!

Anyway, aku nggak sempat 'kreatif' untuk merombak banyak resep ini, bahkan nyaris sama sekali sesuai resep. Aku cuma menyederhanakan cara membuat serta takarannya. Hehe, biasa, malas nimbang, bo. Eh, bahkan aku nggak nyadar bahwa di resep asli pakai air kaldu! Well, hanya untuk ikut meramaikan event. Lagipula, apa salahnya bikin makanan enak. Ya, kan? ;)

Berikut adalah resepnya

Macaroni Goreng


Bahan:
1 siung bawang putih cincang
1/2 buah bawang bombay besar
100 gr daging sapi cincang
1 buah tomat, dimasukkan ke dalam air mendidih sebentar. Kuliti, cincang halus.
2 sdm saus tomat
garam secukupnya
merica hitam bubuk sesuai selera
oregano bubuk sesuai selera
1/2 sdt gula pasir
150 gr macaroni elbow, rebus hingga matang, tiriskan
10 buah jamur merang, iris-iris
1 buah jagung manis, diambil bijinya
1 genggam kacang polong beku
bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat:
- Panaskan minyak
- Tumis bawang putih dan bawang bombay.
- Masukkan daging, tumis hingga berubah warna. Masukkan tomat dan saus tomat. Aduk.
- Setelah daging kelihatan mulai matang, masukkan jagung, jamur dan kacang polong. Aduk.
- Masukkan macaroni rebus, aduk rata.
- Bumbui dengan garam, gula, merica, oregano. Aduk hingga rata.
- Angkat setelah semua matang. Hidangkan bersama taburan bawang merah goreng.
- Lebih enak disantap bersama saus sambal.

2 comments: