Thursday, July 8, 2010

Mendoan Cilacap

Siang...
Lagi rajin nge-blog nih, he he.
Tadi pagi aku bikin makanan favoritku yang sebelumnya nggak pernah kucari tahu cara bikinnya. Apakah itu? TEMPE MENDOAN! Tiap jalan ke mana-mana kalau ada tukang mendoan di pinggir jalan bawaannya pasti ngiler. Meskipun belum tentu beli sih, soalnya seringnya nggak sempat mampir (hu..hu..).

Setelah beberapa kali kecewa karena hidangan sarapanku buatanku untuk anak-anak dikalahkan tempe goreng yang dibawakan Umi dari tukang nasi uduk, maka timbul ide untuk membuat tempe goreng sendiri untuk cemilan. Ide terus berlanjut, hm.., kenapa nggak tempe mendoan aja sekalian.
Langsung aku browsing di milis NCC(Natural Cooking Club), dan mendapatkan resep yang aslinya bernama Mendoan Cilacap ini. Resep ini diposting oleh Mbak Amy.
Memang banyak resep mendoan, tapi aku suka yang ini karenaaa... ukurannya pake sendok! Ha ha ha! Ya iyalah, coba bayangin, bikin tempe goreng aja masak harus menimbang-nimbang dulu terigunya berapa gram, dan seterusnya. Bo, males banget ngga sehhh?
Jadi aku bukan pilih resep ini karena resepnya a la Cilacap. Malah aku baru tahu mendoan ada yang dari Cilacap. Terus terang aku juga nggak tahu sebetulnya mendoan itu aslinya dari mana. Mari kita Google sebentar.. Nah, kalau menurut Wikibooks sih, berasal dari Banyumas. Okelah, tambahan pengetahuan sedikit, hi hi.
Nah, kali ini aku sengaja goreng agak sedikit lebih kering dari mendoan biasanya. Biar mirip tempe goreng biasa, tapi cita rasanya mendoan. Anak-anakku juga kan terbiasanya dengan tempe goreng tepung biasa. Lalu, aku juga pakai tempe biasa yang diiris tipis, bukan mendoan. Kalau ini cuma karena malas ke AlfaMidi, jadi aku titip Umi aja untuk beli di tukang sayur. Setalah jadi aku sediakan cabai rawit. Maunya sih, pakai sambal kecap. Tapi karena resep aslinya nggak menyertakan resepnya, aku juga malas bikinnya ^^.
Alhamdulillah dibilang enak sama Abi. Dedek juga doyan. Umi bilang enak. Ayah bilang biasa aja, tapi habis makan dua potong. Cuma Abang kayaknya lagi ogah makan, cuma makan sepotong. Nggak apa-apalah, yang penting aku happy, next time bikin lagi! ^^

Mendoan Cilacap
Resep ala Ibu Mertuanya Mbak Amy

Bahan:
• 10 buah tempe mendoan (kalau tidak ada bisa dengan tempe biasa yang
diiris tipis-tipis)
• 2 batang daun bawang, iris halus
• 1 sdm tepung beras
• 3 sdm tepung terigu
• Air secukupnya hingga kekentalan tercapai
• minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
• 2 siung bawang putih
• 1 butir kemiri
• 1 sdt ketumbar, haluskan
• kencur secukupnya
• garam secukupnya

Cara membuat:
1. Aduk tepung dengan bumbu halus, daun bawang, dan air (masukkan
sedikit demi sedikit) hingga rata.
2. Celupkan tiap lembar tempe mendoan dalam adonan tepung.
3. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga adonan tepung matang
tetapi tidak kering, cukup putih saja warnanya. Angkat, tiriskan.
4. Sajikan hangat dengan cabe rawit.

Mau lagiiii!!



Dedek lagi mam, am!

No comments:

Post a Comment